Minggu, 28 Februari 2010

Burung bermahkota dan berekor panjang

Burung Merak ,burung yang punya jambul di kepalanya bak mahkota dan juga punya ekor panjang yang sangat menawan.Burung ini ada di P.jawa.
Burung Merak ada tiga jenis diantaranya :
1. Burung Merak Hijau.










2. Burung Merak Biru.









3. Burung Merak Putih / albino.










Burung Merak hidup bebas di alam terbuka, padang rumput , karena makanannyapun sesuai dengan alamnya seperti : biji-bijian, pucuk rumput , serangga dll.
Burung Merak jantan yang punya ekor panjang lebih menarik dari yang betina yang berekor lebih pendek.kelebihannya itu di gunakan untuk memikat sang betina pada saat musim kawin, si jantan akan membuka ekornya hingga mekar seperti kipas raksasa, sangat menawan.........................................
Burung Merak betina warnanya kurang menarik ,dia bisa menetaskan telurnya hingga 3 - 6 butir.
Burung Merak merupakan salah satu satwa yang dilindungi pemerintah karena jumlahnya yang semakin berkurang ,disebabkan :
- penabangan dan perambahan hutan yang bebas menyebabkan habitatnya se
makin menyempit.
- jumlahnya semakin berkurang.
- banyak diburu orang untuk di konsumsi dagingnya, dikonsumsi telurnya, diburu bulunya untuk dijadikan hiasan rumah maupun reog ponorogo, dan banyak pula yang diperjualbelikan di pasar untuk dipiara sendiri.

Semoga saja usaha pemerintah berhasil.
Mestinya kita semua sadar bahwa burung merak yang sangat menawan itu merupakan salah satu kekayaan alam bangsa Indonesia , untuk itu sudah semestinya sebagai warga negara kita semua harus bertanggung jawab akan kelestarian alam ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar