Kamis, 25 Maret 2010

Diantara beberapa pilihan

Sebagai manusia bijak , kita harus bisa-bisa memilih diantara beberapa pilihan , pilihlah yang terbaik buat lingkungan dan diri kita .
Di alam ini kita mengenal adanya predator , tapi predator juga makhluk Tuhan yang ingin hidup dan punya keinginan lain layaknya makhluk ciptaan Tuhan, seperti :
- Monyet ekor panjang, dia punya ekor yang panjang beda dengan monyet kebanyakan, unik juga sich, tapi dibalik keunikannya itu dia suka memakan telur-telue burung cendrawasih, padahal burung cendrawasih itu kan burung langka yang harus kita lestarikan....?!
- Keng mas, punya cangkang rumah yang unik, telur-telurnya cantik berwarna merah, tapi mereka suka menyerang batang tanaman padi ,sehingga produksi padi semakin menurun.
- Ular sanca / ular besar
Yang keberadaannya suka bertarung dengan satwa-satwa lain, yang di sayangkan bila tarungnya dengan satwa yang dilindungi kan sayang .
- Ikan gabus ,ikan yang mudah menyesuaikan dengan lingkungan yang baru dan mampu berjalan di darat, merupakan predator bagi amphibi, ikan-ikan kecil, burung-burung air dll
Masih banyak lagi keaneka ragaman satwa yang keberadaannya di satu pihak bisa dilihat keunikannya tapi di pihak lain sangat merugikan .
Kita sebagai manusia bijak ,pilihlah mana-mana yang perlu di amankan, dilestarikan dan manfaatnya lebih besar bagi kelestarian alam ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar